Gobak Sodor, Permainan Tradisional yang Hampir Menghilang

Pengarang – Tepat pada tanggal 17 Agustus 2018 di hari Jumat, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-73. Biasanya di setiap desa mengadakan berbagai macam perlombaan untuk merayakan hari kemerdekaan. Lomba yang diadakan merupakan lomba-lomba seperti lomba makan kerupuk, lari kelereng, dan lainnya. Namun tahukah kamu di Desa Pengarang, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mengadakan lomba permainan tradisional yang hampir punah, yaitu lomba Gobak Sodor.

Gobak Sodor merupakan permainan tradisional yang biasanya dimainkan oleh lebih dari satu orang. Cara bermainnya yaitu dengan melewati beberapa garis yang setiap garisnya oleh satu orang. Jumat (17/8) pukul 19.00 WIB, pemerintah desa Pengarang mengadakan lomba gobak sodor bagi masyarakat desanya. Lomba gobak sodor ini diikuti oleh 6 peserta yang terdiri dari beberapa kategori yaitu anak-anak, ibu-ibu, dan bapak-bapak.

Lomba gobak sodor ini diangkat menjadi perlombaan dikarenakan permainan ini hampir punah dan jarang dimainkan oleh masyarakat. Namun, Kabupaten Bondowoso Gobak Sodor dijadikan olahragara yang layak untuk dipertandingkan. Semua peserta unjuk kebolehannya dalam kasarnya lapangan depan kantor desa Pengarang untuk dapat melewati setiap garis yang dijaga oleh lawan. Akhirnya perlombaan gobak sodor dimenangkan oleh tim Mabok Micin dan Tim anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *